Minggu, 06 Desember 2020

Pertama ke Luar Negeri ? Waspadai Kesalahan-kesalahan Ini !

Perjalanan wisata
Jalan-jalan ke luar negeri


Mempersiapkan liburan ke luar negeri untuk pertama kali memang menyenangkan sekaligus merepotkan. Hal ini wajar karena Anda masih belum terbiasa dan merasa bingung akan hal-hal yang perlu dipersiapkan. Meski begitu, Anda harus berhati-hati karena ada sejumlah kesalahan yang berisiko mengacaukan momen-momen penting. Misalnya saja lupa mengurus asuransi perjalanan wisata yang akan menjamin keselamatan Anda sepanjang perjalanan.



Selain itu, hindari pula beberapa kesalahan berikut agar liburan Anda berjalan lancar



· Ceroboh mengurus penukaran mata uang

Entah karena lupa atau malas, sejumlah turis tak jarang baru menukarkan mata uang lokal di bandara tujuan. Langkah tersebut memang praktis, tetapi akan membuat Anda mengeluarkan biaya ekstra yang tak sedikit. Ada pula turis yang enggan menggunakan mata uang lokal setibanya di negara tujuan karena tidak mau repot menghitung. Meluangkan waktu untuk menukar mata uang sebelum berangkat ke bandara dan menyiapkan anggaran bakal menyelamatkan Anda dari berbagai masalah.


· Salah memakai kartu debit dan kartu kredit

Salah satu alasan yang membuat wisatawan mengandalkan kartu kredit dan kartu debit selama berada di luar negeri adalah kepraktisan penggunaannya. Akan tetapi, kalau sampai salah pakai, Anda bakal menerima tagihan yang membengkak. Kalau Anda memang membutuhkan kedua kartu tersebut, kunjungi dulu bank yang mengurus layanannya untuk memastikan mereka menyediakan kartu yang bisa dipakai di luar negeri.


· Agenda perjalanan atau itinerary terlalu padat

Keterbatasan waktu mendorong beberapa wisatawan merancang jadwal agenda atau itinerary yang padat. Namun, hal tersebut akan membuat Anda kurang menikmati masing-masing tempat karena durasinya yang pendek. Belum lagi bujet yang disiapkan harus lebih besar. Untuk perjalanan liburan pertama, prioritaskan dulu lokasi-lokasi yang sudah lama ingin dikunjungi. Kemudian susun agenda baru sembari menabung untuk perjalanan berikutnya.


· Membawa muatan melebihi kapasitas maksimal

Sebagian besar maskapai penerbangan akan mengenakan biaya tambahan kepada bagasi penumpang melebihi kapasitas maksimal. Walau mampu membayar biaya tersebut, ada baiknya Anda membatasi barang bawaan, baik sebelum atau setelah liburan. Selain meringankan beban, waktu Anda pun tak akan terbuang sia-sia untuk packing dan unpacking, apalagi kalau barang-barang yang dibawa ternyata tak dipakai.


· Terlalu bergantung pada agen perjalanan

Agen perjalanan tak dipungkiri bakal memudahkan Anda merencanakan liburan ke luar negeri. Kendati demikian, terlalu menggantungkan kebutuhan liburan kepada pihak lain bakal membuat liburan Anda tak sesuai ekspektasi. Oleh karena itu, wisatawan yang memakai jasa agen travel disarankan berdiskusi. Sehingga Anda masih bisa mendatangi tempat-tempat liburan impian sesuai paket yang mereka sediakan.


Menanyakan saran maupun bantuan kepada kerabat atau teman yang terbiasa liburan ke luar negeri pun bakal mencegah Anda melakukan kesalahan-kesalahan di atas. Perjalanan ke negara tujuan pun akan nyaman dan selamat.


EmoticonEmoticon