Minggu, 12 April 2020

Begini Cara Tepat Melatih dan Mendukung Gerak Lokomotor Anak

Gerak lokomotor

Setiap manusia harus bergerak untuk bisa mencapai apa yang diinginkan. Jika, ditarik ke hal paling dasar, berjalan, melompat, lari dan melempar merupakan gerakan dasar setiap manusia, gerakan tersebutlah yang disebut dengan gerak lokomotor. Bagi anak-anak, tentu penting sekali untuk selalu melatih gerak motorik mereka.

Permainan untuk Melatih Gerak Lokomotor Anak

Di zaman yang serba smartphone seperti sekarang ini, tidak jarang anak-anak yang mulai lebih banyak memainkan handphone dibanding dengan bermain secara fisik. Hal ini akan berdampak terhadap kesehatan fisik dan juga kemampuan motorik anak. Oleh karena itu, kita harus senantiasa mengajak anak untuk bermain permainan yang bisa menunjang pergerakkan anak.
Gerak lokomotor adalah hal paling dasar sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Secara pengertian gerak ini adalah gerakan berpindah tempat. Ada banyak sekali permainan yang bisa dicoba untuk mulai dikenalkan kepada anak-anak, khususnya buat para guru pendidikan jasmani. Berikut adalah beberapa permainan tersebut.

1. Permainan Bola

Hampir semua jenis permainan bola membutuhkan gerak yang maksimal. Mulai dari jalan, lari, lompat hingga melempar. Permainan ini sudah tidak asing atau bahkan sudah sering diberikan, namun tidak ada salahnya jika Anda mengajak anak-anak bersenang-senang sambil berolahraga. Dengan gerak anak akan terlatih, sekaligus juga mencari bakat atau minat yang dimiliki.
Untuk awal, anak-anak di usia balita, mungkin bisa diajarkan mengenai bola sepak dana tau juga bisa hanya sekedar melempar dan menangkap bola. Namun, pengawasan harus sangat maksimal, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjatuh. Anda bisa melakukan kegiatan ini selama seminggu sekali atau tiga kali.

2. Renang

Kegiatan berenang adalah sebuah kegiatan yang sangat menenangkan. Salah satu cabang olahraga ini juga bermanfaat untuk mendukung gerak anak. Anda bisa mulai melatihnya dengan memberikan pelampung agar lebih aman. Mulai ajarkan mengenai cara-cara menggerakkan kaki, tangan dan juga pernafasan, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berenang.

3. Permainan Tradisional

Penting sekali untuk memberikan pengetahuan tentang permainan tradisional yang ada di Indonesia. Meskipun tidak semuanya, kini anak-anak lebih memilih bermain dengan ponsel dari memainkan permainan tradisional yang sebenarnya lebih memberikan manfaat bagi tubuh. Hal ini bisa terjadi, jika orang tua tetap membiarkan kebiasan anak untuk memainkan ponsel.
Mulai dengan pengenalan beberapa permainan tradisional, pastikan Anda memberikan gambaran yang menarik agar anak tumbuh rasa ingin tahu untuk mencobanya. Beberapa permainan tradisional tersebut misalnya adalah gobak sodor, kasti, engklek, lompat tali, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jadi, anak-anak juga akan mengetahui bagaimana serunya permainan-permainan tersebut. Selain itu pertumbuhan anak juga akan lebih optimal. Keterampilan anak juga akan terlatih, namun jangan sampai berlebihan dalam melakukan latihan.

Dukung Gerak Lokomotor dengan Gizi Seimbang

Selain memberikan beberapa latihan-latihan, Anda juga harus memperhatikan soal gizi sang anak. Untuk bisa terus beraktivitas, anak membutuhkan energi yang cukup dan juga kondisi tubuh yang fit. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi semua kebutuhannya dengan pola makan gizi seimbang.
Soal ini mungkin Anda bisa mengkonsultasikan dengan para pakar gizi. Tujuannya adalah agar bisa memberikan menu makanan yang sehat dan bergizi. Dengan terpenuhinya semua vitamin, nutrisi anak akan bisa dengan maksimal melakukan aktivitas untuk melatih gerak lokomotornya.
Itulah tadi beberapa rekomendasi permainan yang bisa mendukung gerak lokomotor anak. Selalu jaga kesehatan dan kebugaran anak agar tetap bisa beraktivitas. Kurangi aktivitas anak di depan layar ponsel agar bisa memaksimalkan tumbuh dan kembangnya.


EmoticonEmoticon