Sabtu, 04 April 2020

Bahaya Asap Rokok Tidak Hanya Mengintai Perokok Aktif, Perokok Pasif Juga

Bahaya asap rokok


Merokok masih menjadi aktivitas yang sering dilakukan di ranah publik. Meskipun sudah disediakan tempat khusus untuk merokok, namun nyatanya masih banyak dijumpai orang yang merokok di tempat umum tanpa memikirkan dampak yang akan ditanggung oleh orang lain yang berada di sekitarnya. Terdapat beberapa permasalahan kesehatan yang bisa menyerang para perokok pasif atau mereka yang menghirup asap dari rokok orang lain. Walaupun Anda memiliki asuransi kesehatan keluarga terbaik yang akan membantu Anda jika terjadi suatu risiko, namun ada baiknya jika Anda mencegah agar hal buruk akan kesehatan tidak terjadi. 
Lalu, masalah kesehatan apa saja yang bisa mengintai para perokok pasif ini ? (sumber : hellosehat.com)

1. Kanker Paru-Paru
Asap rokok yang beterbangan di udara bisa saja tidak disadari keberadaannya, dan dapat dengan mudah terhirup oleh siapapun yang berada di sekitarnya. Asap rokok yang terhirup inilah yang akan menyebabkan para perokok pasif terkena kanker paru-paru.

2. Berbahaya Untuk Ibu Hamil
Asap rokok yang terhirup oleh perempuan yang sedang hamil tidak baik untuk kesehatan janin dalam kandungannya. Asap rokok yang menempel pada suatu benda dapat bertahan dalam waktu yang lama, dan jika asap tersebut sampai terhirup oleh ibu yang sedang hamil, ini bisa menyebabkan terbawanya racun melalui aliran darah hingga sampai pada sang bayi. Hal ini akan berujung padabayi lahir dengan berat yang rendah. 

3. Penyakit Jantung
Masalah kesehatan lainnya yang bisa terjadi ketika kita menjadi perokok pasif adalah penyakit jantung. Asap rokok yang terhirup akan masuk ke dalam darah, kemudian menyebabkan terjadinya pengentalan dan pembekuan darah sehingga aliran darah pun menjadi terhambat. Ini menyebabkan terjadinya peningkatan potensi bagi mereka yang tidak merokok untuk mengidap penyakit jantung.

4. Masalah Kesuburan Pada Wanita
Asap rokok juga sangat membahayakan bagi kesuburan para wanita yang terpapar. Hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada kadar hormon dalam tubuh wanita yang diakibatkan oleh racun, tembakau, maupun zat-zat lainnya yang terdapat di dalam rokok dan asapnya. Bahkan hal tersebut bisa menghambat kehamilan bagi wanita. Maka, jika Anda wanita, sebisa mungkin usahakan untuk menjauhi asap rokok di sekitar Anda.


Asap rokok tidak hanya berbahaya untuk mereka yang merokok secara aktif saja, tetapi juga bagi orang lain di sekelilingnya yang terpapar turut mendapatkan dampak buruknya. Udara yang kita hirup ini adalah milik bersama,sehingga perlu untuk saling memikirkan kesehatan manusia satu sama lain. 

Bagi para perokok, Anda bisa memanfaatkan area merokok yang sudah disediakan. Sementara bagi Anda yang tidak merokok namun menjumpai di dekatnya seorang perokok, Anda bisa memberitahunya secara halus agar merokok di area merokok. Namun, jika usaha Anda belum sukses, Anda sebaiknya menjauhi atau menghindarinya agar tidak banyak terpapar asap rokok tersebut.


EmoticonEmoticon