Jangan Anggap Remeh, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Mengganti Oli Motor

No Comments
Ganti oli mesin sekilas memang terlihat mudah, pasalnya ada banyak orang yang sudah bisa menggantinya sendiri. Mungkin Anda juga ingin mencobanya. Jika iya maka ada banyak hal yang wajib Anda perhatikan terutama saat mengganti oli motor, berikut beberapa di antaranya.

Oli mesin


1. Jangan semprot lubang oli dengan tekanan yang terlalu tinggi
Jangan pernah menyemprot lubang oli dengan tekanan yang tinggi. Pasalnya kotoran filter oli dapat menyebar ke bagian mesin. Lebih baik diamkan saja oli mengalir keluar hingga tetesan yang terakhir.

2. Ganti ring oli secara berkala
Meskipun hal yang kedua ini tidak wajib namun sebaiknya ganti ring oli pada saat membuka pembuangan dari oli. Tujuannya adalah agar terhindar dari kebocoran ketika memasangkan memasang kembali baut oli. Buka penutup lubang oli jika mesin sudah dingin saja.

3. Jangan membuka penutup oli saat keadaan panas
Ketika mesin oli baru saja berhenti maka kondisi dari mesin juga masih manis, oleh sebab itu komponen yang berada pada tutup lubang oli juga ikut panas. Penutup oli terbuat dari besi bahkan baut yang ada juga ikut panas.

4. Hindari merek yang berbeda
Jangan pernah mengganti oli mesin motor dengan merek yang berbeda. Kandungan pada setiap merek mesin biasanya akan berbeda. Jika Anda memang ingin mencampur oli dengan mereka lainnya maka lakukan compatibility test terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menjaga mesin agar selalu dalam keadaan yang baik dan tidak mudah rusak. 

5. Isi oli dengan ukuran yang pas
Jangan pernah sekali-kali mengisi oli mesin terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Level oli wajib dijaga antara batas minimum dan batas maksimum, Biasanya hal ini dapat dicek dengan tongkat dipstick atau juga mengikuti anjuran dari pabrik oli tersebut.

Di atas tadi adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan saat ingin ganti oli sendiri. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kalinya akan mengganti oli mesin motor sendiri tentunya hal ini harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai asal dalam mengganti oli tersebut. Jika dirasa kurang yakin tidak ada salahnya ikut petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan. Selamat mencoba !
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar