Perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah

No Comments
Kini asuransi syariah mulai digemari oleh masyarakat. Hal ini tentunya tak terlepas dari alasan keagamaan saja. Namun produk asuransi syariah juga dirasa lebih unggul dari segi pelindungan dan keuntungan untuk nasabahnya. Lantas sebenarnya apa sih perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional ? Nah berikut merupakan perbedaan mendasar antar keduanya. 

Produk asuransi syariah

Landasan hukum yang digunakan
Pada dasarnya landasan hukum asuransi syariah berdasarkan Al-Qur’an, hadist, dan berbagai hukum positif lainnya yang berlaku. Sedangkan untuk produk asuransi konvensional landasan hukumnya hanya berdasarkan hukum positif yang berlaku saja. 
Struktur organisasi yang diterapkan

Struktur organisasi pada asuransi syariah di dalamnya ada Dewan Pengawas Syariah (DPS). Badan ini bertujuan untuk memastikan bahwa manajemen, operasional, investasi, dan produk yang ditawarkan berdasarkan hukum dan prinsip syariah. Lain halnya dengan asuransi konvensional. Dalam struktur asuransi konvensional tidak terdapat DPS. 

Laporan yang lebih terbuka
Sistem laporan keuangan pada asuransi syariah terbilang lebih terbuka. Mulai dari penggunaan, sumber dana, hingga zakat yang diberikan. Lain halnya dengan produk asuransi konvensional. Dalam asuransi konvensional tidak ada kewajiban bagi pihak perusahaan untuk terbuka dalam hal pembukuan dan laporan keuangannya. 

Terhindar dari unsur yang dilarang dalam islam
Seluruh produk asuransi yang berlabel syariah bahkan untuk asuransi syariah semuanya didesain agar terhindar dari berbagai unsur yang tidak jelas, bersifat spekulatif, dan riba. Hal ini tentunya berbeda dengan asuransi konvensional yang tidak mengedepankan prinsip tersebut. Faktor itu pula yang banyak membuat masyarakat mulai beralih menggunakan asuransi syariah. 

Dana kelola investasi 
Semua operasional dana yang dikelola pada berusahan yang berbasis syariah, terutama untuk urusan saham syariah di Indonesia. Semua informasi tersebut dapat dengan mudah dilihat pada data Jakarta Islamic Index. Lain halnya dengan asuransi konvensional, mereka bebas menentukan instrumen investasinya sendiri. 

Itulah beberapa perbedaan dasar mengenai asuransi syariah dan asuransi konvensional. Hal di atas pula yang membuat banyak masyarakat cenderung mulai beralih menggunakan asuransi syariah karena beberapa keunggulan yang tidak bisa di dapatkan di asuransi konvensional. Anda juga bisa mendapatkan beragam pilihan produk asuransi syariah yang menguntungkan di allianz.co.id.  
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar