Bentuk Perut Ibu Hamil Tanda Kehamilan Sehat, Benarkah ?

No Comments
Ada banyak mitos yang beredar mengenai bentuk perut ibu hamil. Salah satunya menyebutkan bahwa perut ibu hamil yang besar menandakan bahwa bayi yang dikandungnya sehat. Apakah itu benar ? Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa simak informasi berikut ini dulu !

Bentuk Perut dari Ibu Hamil Tunjukkan Kesehatan Ibu ?


Untuk anggapan yang satu ini, sebenarnya benar adanya. Menurut Kecia Gaither, MD, MPH yang merupakan seorang ilmuan dan direktur di salah satu Health Center di New York City, bentuk perut ibu yang sedang hamil mengindikasikan seberapa kuat otot perutnya. Otot ini akan menunjang berat badan janin Anda.

Semakin tinggi bentuk perut Anda, maka makin kuatlah kesehatan Anda. Ibu hamil yang memiliki otot perut yang kencang biasanya juga memiliki perut yang tinggi terlebih di kehamilannya yang pertama. Otot perut ibu hamil yang kuat ini juga akan membantu bayi menempel lebih kuat ke arah tubuh ibu.

Jadi, bukan berarti perut ibu hamil itu harus besar, ya! Kesehatan ibu hamil bila dilihat dari bentuk perutnya adalah dilihat dari tinggi perut tersebut. Makin tinggi perutnya, makin kuat otot perut dan sehat si bayi. Sedangkan makin turun bentuk rahim si ibu, maka ibu itu akan cenderung kurang fit dalam menjalani kehamilannya.

Mengapa Menjaga Berat Badan Kandungan Sangat Penting
Anda memang bisa melihat kesehatan ibu dari bentuk perutnya, namun itu bukan berarti Anda bisa melihat seberapa sehat janin yang sedang dikandung. Anda tetap harus mencoba menaikkan berat badan janin yang kurang demi agar si bayi bisa sehat dan mampu mengalami melawan infeksi serta mengontrol suhu tubuhnya dengan baik ketika lahir.

Sebab, bayi yang memiliki berat badan di bawah standar atau berat badan lahir rendah akan kesulitan menghadapi hal tersebut. Ini akan mengakibatkan mereka akan lebih mudah menderita penyakit tertentu ketika dewasa nanti. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menjaga berat badan dengan cukup selama kehamilan.

Ingat, sampai batas cukup saja. Berlebihan juga tak baik karena akan menyulitkan Anda ketika melahirkan serta juga bisa membuat efek buruk lain pada Anda dan janin. Sampai saat ini, ada banyak hal yang menyebabkan kenapa berat badan bayi bisa rendah. Salah satunya karena ibu itu sendiri.

Alasan tersebut seperti karena ibu yang kehilangan nafsu makan, masalah tubuh, morning sickness, dan berbagai masalah lainnya. Untuk itu, Anda bisa makan banyak makanan yang mengandung kalori, seperti alpukat, kacang-kadangan, gandung utuh, dan masih banyak lagi untuk membantu tubuh Anda lebih sehat sehingga si janin juga lebih sehat.

Selain itu, Anda juga harus melakukan olahraga ringan setiap pagi dan sore hari untuk mendukung tubuh yang lebih segar dan bugar. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup juga. Cobalah istirahat minimal 8 jam sehari agar tubuh Anda bisa lebih sehat dan bugar. Kalau memungkinkan, cobalah untuk tidur siang.

Selain itu, jagalah juga diri Anda dari stress dan cemas. Jangan pikirkan berbagai hal negatif yang bisa mempengaruhi Anda dan janin. Cobalah tenang dan kontrol nafsu makan agar si janin bisa lebih sehat.

Meski ada banyak mitos yang beredar mengenai bentuk perut ibu hamil, paling tidak sekarang Anda bisa mempercayai satu mitos berupa bentuk perut orang yang hamil bisa menunjukkan kesehatan si ibu. Selain kesehatan ibu, tentunya Anda juga harus menjaga kesehatan janinnya, kan ? Nah, dapatkan info seputar hal tersebut di ibudanbalita.com, ya !
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar