Hati-Hati, Jangan Sampai Liburan Membawa Kartu Kredit Over Limit

No Comments
 Sebenarnya, tidak masalah juga jika kartu kredit Anda over limit. Hanya saja, Anda akan mendapatkan denda. Makanya, produk HSBC Visa Signature Indonesia dilengapi dengan berbagai layanan untuk membantu pemegang kartu kredit tidak mengalami over limit.

Apakah fitur tersebut berhasil menghindarkan pemegang kartu terkena over limit ? Belum tentu saja. Apapun fitur yang ditawarkan oleh perbankan jika tidak dibarengi dengan komitmen pengguna, maka itu sia-sia belaka.

Dan ini menjadi hal yang fatal jika Anda mengalami over limit padahal Anda sedang berlibur di luar negeri. Anda mungkin tidak bisa menggunakan kartu kredit Anda lagi. Ini sangat merugikan sekali jika ternyata Anda tidak punya cukup uang cash atau saldo di kartu debit Anda juga terbatas. Padahal, Anda masih harus booking hotel atau beli tiket.


Tips Agar Anda Tidak Kena Over Limit Kartu Kredit
Sangat menjengkelkan jika Anda masih menikmati liburan di luar negeri tapi ternyata kartu kredit Anda over limit. Untuk mencegah kartu kredit over limit, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. 

1. Setiap Ada Transaksi, Catat Di Buku Saku
Ini cara paling konvensional tapi sangat efektif. Dan sebenarnya, setiap orang seharusnya melakukan pencatatan, tidak hanya transaksi kartu kredit tapi juga kegiatan setiap hari. Pasalnya, orang tidak bisa menghafalkan semua hal di otaknya. Maka dari itu, butuh catatan.

Dalam hal ini, Anda tidak harus mencatat di buku saku. Toh sekarang sudah ada smartphone. Anda bisa catat aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat.

2. Tahu Kapan Harus Menggunakan 
Apakah Anda perlu menggunakan kartu kredit di setiap transaksi ? Tentu saja tidak. Sangat bijak jika Anda menggunakan kartu kredit hanya untuk hal-hal tertentu. Contohnya saja ketika Anda membeli barang yang ada diskonnya. 

Maka dari itu, jangan lupa juga Anda tetap membawa uang cash saat liburan ke luar negeri. Bawa uang cash secukupnya. Dengan demikian, Anda tidak akan terus menerus menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi sehingga berpotensi kartu kredit Anda terkena over limit.

3. Rutin Bayar Tagihan 
Mudah sekali jika menggunakan kartu kredit. Ketika datang waktu harus membayar tagihan, sulitnya minta ampun. Ini sangat manusiawi. Namun, jika Anda berhasil melawan sifat negatif ini, Anda juga akan sangat mudah untuk mencegah kartu kredit kena over limit.

4. Sembunyikan Kartu Kredit 
Mungkin Anda sudah mencatat semua transaksi kartu kredit. Dan Anda sudah tahu persis bahwa kartu kredit sudah hampir kena over limit. Namanya manusia, ada saja alasan untuk menggunakan. Atau barangkali lupa jika sudah hampir over limit.

Untuk mencegah hal tersebut, sembunyikan segera. Jika perlu, jangan simpan kartu kredit di dompet. Tingalkan di koper agar tidak ada hasrat untuk menggunakan.

5. Bayar Segera
Jika ternyata kartu kredit Anda over limit, segera bayar agar Anda bisa menggunakan kartu tersebut lagi. Apalagi jika masa liburan Anda masih panjang. Tentu saja Anda masih membutuhkan kartu kredit, bukan ?

Setidaknya hal tersebut yang bisa Anda lakukan untuk memastikan Anda benar-benar bisa mendapatkan manfaat dari Kartu Kredit Signature saat Anda liburan.

Solusi Mengatasi Kartu Kredit Over Limit
Apakah Anda akan mendapatkan denda jika kartu kredit yang Anda punya terkena over limit ? Tentu saja. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dendanya tidak terlalu besar. Rata-rata dendanya sekitar 5% dari kelebihan limit.

Akan lebih baik jika Anda segera membayar. Dan ini salah satu solusi yang bisa Anda lakukan. Daripada Anda kena denda dan tidak bisa menggunakan kartu kredit, lebih baik dendanya segera dibayar, bukan?

Bagaimana jika Anda tidak punya uang cash untuk membayar denda tersebut ? Anda bisa manfaatkan fasilitas transfer balance. Beberapa bank menawarkan fasilitas ini. Ini solusi paling tepat untuk mengatasi kartu kredit over limit.

Adakah solusi lain ? Ada, yaitu membuat kartu kredit yang baru. Toh sekarang syarat mengajukan kartu kredit semacam mudah. Sebenarnya solusi ini bukan solusi yang tepat. Karena jika Anda sudah terbiasa menggunakan kartu kredit over limit, kemungkinan besar Anda akan melakukan hal yang sama.

Maka dari itu, yang paling bijak adalah melunasi kekurangan tagihan serta membayar denda over limit. Dan mulailah untuk menggunakan kartu kredit secara bijak. Dan ini tidak hanya diterapkan ketika Anda traveling saja. Mungkin Anda juga punya Kartu Platinum yang cocok untuk berbelanja online atau barang branded. Anda tetap harus menghindari over limit. Ini demi kebaikan kondisi keuangan Anda.

Pada dasarnya, kartu kredit itu ditawarkan untuk mempermudah Anda dalam melakukan transaksi. Dengan berbagai keuntungan yang ada pada setiap kartu kredit, dibutuhkan kebijaksanaan bagi Anda agar benar-benar bisa merasakan keuntungan dan mencegah kerugian. 

Sementara itu, banyak pemegang kartu kredit yang justru mendapatkan kerugian. Hal ini bukan disebabkan kartu kredit itu merugikan tapi cara penggunaannya yang kurang bijak. Maka dari itu, pihak perbankan selalu mengedukasi para pemegang kartu kredit. Selain itu, mereka juga mencoba menawarkan fasilitas yang memang dibutuhkan masyarakat. Dengan demikian, mereka benar-benar bisa mendapatkan manfaat dari fasilitas tersebut. Seperti contohnya HSBC Visa Signature Indonesia ini yang difokuskan untuk melayani para pecinta traveling ke luar negeri. Kartu kredit ini menawarkan puluhan kelebihan seperti gratis masuk Airport Lounge, poin reward, diskon di merchant di luar negeri, dan masih banyak lagi.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar