Cara Mengatasi Bayi Cegukan dengan Akupresur

No Comments
Para ibu sering kali panik saat bayinya mengalami cegukan. Meski tidak membahayakan, cegukan membuat orangtua kasihan terhadap bayinya. Sehingga harus ada langkah untuk mengatasi bayi cegukan dengan tepat. Cegukan ini bisa diatasi dengan akupresur atau pijatan bayi. Mengapa dan bagaimana cara penyembuhannya? Berikut ulasan lengkapnya.


Mengapa Akupresur ? 
Para ahli mengatakan bahwa cegukan terjadi karena otot diafragma dan otot-otot yang membantu proses inspirasi (bernapas) berkontraksi secara tiba-tiba dengan sangat kuat sehingga terjadi terhambatnya otot ekspirasi. Sedangkan penyebab terjadinya cegukan beraneka ragam misal makan dan minum terlalu cepat, atau batuk terlalu keras. Pada bayi terjadi saat menyusu.

Akupresur dapat merangsang saraf pada tubuh berdasarkan titik meridian layaknya akupuntur. Perangsangan titik tertentu ini bisa dilakukan dengan tekanan lembut pada bayi. Anda bisa melakukan akupresur dengan menggunakan telapak tangan, jari tangan atau alat lain yang memiliki ujung tumpul. 

Tujuan pijatan bayi ini yakni sebagai penanganan awal penyakit yang sekiranya bisa lebih ringan tanpa obat seperti kurangnya nafsu makan, batu, pilek, pegal, bahkan bisa untuk menghilangkan cegukan. Anda akan mendapatkan manfaat yang besar.

Penyembuhan secara Ilmiah 
Penyembuhan pijatan bayi ini berlangsung secara ilmiah. Titik saraf yang menghubungkan saraf tempat yang mengalami gangguan dirangsang dengan akupresur atau pijat bayi. Jika bayi Anda cegukan maka saraf yang menimbulkan cegukan tersebut dirangsang dengan tekanan lembut sehingga mereda. 

Selain itu, kembung atau kurang nafsu makan juga dapat disembuhkan dengan akupresur. Hal in dapat melancarkan sirkulasi darah di sekitar pusat kembung. Titik meridian terdapat tidak hanya satu. Namun, untuk bayi sebaiknya tidak melakukan pijatan yang berlebihan.

Panduan yang Harus Diketahui Saat Melakukan Pijatan 
  • Pastikan bayi merasa nyaman saat Anda melakukan pijatan. 
  • Akupresur bersifat membantu, jika cegukan bayi Anda belum juga reda segera hubungi dokter. 
  • Sebaiknya pijatan bayi hanya dilakukan pada bayi yang usianya di atas satu bulan, karena kulitnya sudah mulai matang dan ubun-ubun kepala juga mulai kuat.
  • Pijatan sebaiknya dilakukan secara memutar dan perlahan, sekitar 30-40 putaran pijatan.

Cara Melakukan Akupresur 
Akupresur dapat dilakukan ibu kepada bayinya untuk mengatasi bayi cegukan. Caranya sangat mudah / tidak perlu alat khusus. Pertama, Anda tekan titik yang terletak di sepertiga bagian atas telapak kaki. Tekan bagian tersebut sekitar 1-2 menit dengan lembut. Biasanya celupkan bisa langsung hilang. Namun jika tidak berhasil, Anda bisa melakukan pada titik lainnya. 

Cara kedua yaitu dengan menekan titik di bawah alis mata ujung dalam. Anda bisa menekannya dengan ibu jari secara bilateral dan bergantian. Jangan menekan terlalu keras. Karena hal ini Anda lakukan pada bayi yang masih kecil. 

Biasanya cara ini dilakukan selama 30 detik dan cegukan akan hilang. Titik lain yang bisa digunakan untuk akupresur yakni titik sudut sisi dalam ibu jari. Terutama lakukan pada tangan sebelah kiri. Lama pengerjaan juga 30 menit. 

Namun titik ini sebaiknya jangan dilakukan untuk bayi, Anda hanya boleh lakukan pada balita yang sudah beranjak dewasa. Jika cegukan tidak hilang dalam waktu lama, maka harus ada tindakan medis.

Pijatan bayi atau akupresur ini bisa Anda lakukan dengan intensitas yang lembut sebagai tindakan mengatasi bayi cegukan. Sebagai orangtua, Anda harus punya pengetahuan yang banyak mengenai tips merawat buah hati. Anda juga bisa mengetahui banyak tips lainnya untuk bayi Anda di Parenting Club.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar