Perkembangan Janin Pada Masa Kehamilan

No Comments
Tahap Perkembangan Janin

Pada ibu hamil pasti memerlukan nutri yang penting selama kehamilan berlangsung untuk pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Ini merupakan tahap yang rentan baik bagi calon ibu dan juga janinnya. Trimester pertama perubahan kondisi ibu membuatnya mengalami penurunan stamina yang mana ibu mudah lelah. Selain itu, Usia yang masih sangat muda masih dan masih sangat lemah maka kemungkinan besar terjadinya keguguran. Mendapatkan nutrisi bagi perkembangan janin tentu sangatlah perlu untuk membantu meningkatkan kondisi ibu dan juga janin. Terpenuhinya nutrisi ini penting selama pada tahap kehamilan awal, ibu juga akan dapat meningkatkan staminanya sendiri selama kehamilan awal. 

Pada perkembangan janin ada 3 trimester, diantaranya :

1. Trimester Pertama
Pada trimester ini yaitu minggu pertama terjadi pembuahan hingga pada minggu ke-12 adalah perkembangan janin yang mana tejadi kelengkapan organ penting pada janin. Bulan pertama nutrisi sangat dibutuhkan untuk ibu berupa kalori yang begitu ekstra. Perkembangan janin ini membutuhkan asupan kalori sesuai sehingga terbentuk yang pesat. Asupan kalori ini ini terkadang juga tersendat karena adanya juga mual dan muntah pada ibu. Sebisa mungkin ibu menghindari gangguan tersebut dan juga menghambat asupan nutrisi apalagi kandungan karbohidrat. Pada saat ibu hamil yang dibutuhkan karbohidrat 2000 kilo kalori yang bisa didapat dari makanan nasi, sereal, gandung, dan lain-lain. Tidak hanya karbohidrat, kalsium juga dibutuhkan oleh janin untuk pembentukan tulang rangka janin yang mana memasuki minggu ke-7 yang banyak didapat pada susu, yougurt, dan juga kandungan pada susu. Protein juga dibutuhkan dalam perkembangan janin pada trimester pertama untuk pembentukan sel otak. Vitamin A, B, dan pembentukan sel darah. Vitamin D ini dalam pembentukan tulang dan juga vitamin E pada metabolisme yang mana pada sayuran dan buah-buahan.

2. Trimester Kedua
Kemampuan dan perkembangan janin pada tahap perkembangan janin ini semakin pesat sehingga harus diimbangi dengan asupan nutrisi. Perkembangan minggu ke-13 sampai ke-18 terjadi perkembangan tumbuh organ janin yang begitu penting. Karena pada awal trimester kedua ini asupan kalori memang masih perlu juga ditingkatkan mengingat karena banyaknya organ yang akan tersusun pada janin. Asupan zat besi dan juga vitamin C mengoptimalkan sel-sel darah merah yang dalam pembentukan jantung dan sistem peredaran darah janin yang sedang berkembang pada minggu ke-17. Kandungan asam lemak omega 3 ini dibutuhkan untuk pembentukan otak janin ditrimester kedua akhir. Maka, hindari makanan yang dengan kandungan kafein yang tinggi, mengandung garam yang mana dapat memicu kaki ibu menjadi bengkak menahan cairan. Konsumsi juga air mineral yang cukup menghindari sembelit dan wasir yang banyak diderita oleh ibu yang sedang hamil.

3. Trimester Ketiga
Tahap selanjutnya yaitu trimester ketiga mempersiapkan untuk kelahiran bayi maka harus dipersiapkan energi yang mencukup bagi ibu untuk kesiapan persalinan. Persiapkan kebutuhan kalori yang akan berperan dalam pertumbuhan jaringan janin dan juga plasenta. Meningkatkan asupan kalori dari jagung, sereal, kentang, dan juga mentega, susu, dan juga telur. Selain itu juga vitamin untuk membantu metabolisme pembentukan senyawa kimia pada sel saraf. Vitamin dalam membantu enzim untuk mengatur sistem pada pernapasan dan energi. Yodium juga harus diberikan pada ibu guna dalam perkembangan dimasa ini untuk proses perkembangan janin dan juga akan meminimalisir terhambatnya pembentukan pada otak dan tinggi badan janin.

Nutrisi penting bagi perkembangan janin diawal kehamilan, dimana nutrisi ini berperan penting bagi kebutuhan ibu dan janin. Pada tambahan kalori akan digunakan sebagai sumber energi dan juga pembentukan plasenta bahkan pertumbuhan janin. Tidak hanya kalori protein juga membantu pertumbuhan janin. Asam folat sangat diperlukan sebelum serta pada awal kehamilan. Seperti makanan sayur, jeruk, kacang-kacangan, dan roti. Pada zat besi  dibutuhkan membantu memproduksi darah dan mengimbangi perubahan pada masa ibu karena adanya bayi atau janin. Zinc juga diperlukan untuk menjaga kondisi janin agar tetap terjaga. Sumber kalsium ini sangat penting karena untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Maka harapan ibu untuk janin dalam perkembangannya tetap terjaga harus menjaga nutrisi pada saat kehamilan. Semoga bermanfaat !
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar