Mau Investasi Properti Yang Menguntungkan ? Pilih Rumah Atau Apartemen ?

No Comments
Investasi properti yang terjadi di Indoenasi merupaakn investasi yang cukup menguntungkan. Setiap tahunnya nilai jual properti akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Namun yang banyak dipertanyakan ialah investasi properti apa yang menguntungkan ? apakah dengan investasi jual beli rumah atau dengan membeli apartemen jakarta Barat ?

Baik rumah ataupun apartemen keduanya akan sama – sama memberikan keuntungan besar. Nilai jual dari keduanya tidak pernah memiliki informasi dan prediksi menurun dari waktu ke waktu. Bahkan dalam hitungan hari saja nilai jual dan harga nya pun akan di sebutkan di beberapa stasiun televisi. Tapi tahukah kamu bila investasi properti juga bisa mengalami kerugian ? hal ini terjadi ketika lokasi yang kita pilih tidak strategis seperti misalnya sering terjadi bencana banjir. Tentu harga jual pun kan merosot dengan mudah.


Meskipun begitu peminat masyarakat akan investasi properti tidak pernah mengalami penurunan, bahkan justru terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sayangnya banyak dari mereka yang tidak mengetahui atau masih kesulitan menentukan pilihan investasi properti yang akan membuat mereka mendapatkan keuntungan besar. Pilihan yang paling banyak antara rumah atau apartemen ? untuk mengetahui pilihan yang tepat, coba perhatikan ulasan sifat dari kedua investasi properti tersebut.

Investasi Rumah
Hasil investasi properti berupa rumah dapat kita tentukan dari selisih kenaikan nilai jual. Seperti misalnya pasa saat tahun 2014 kita membeli rumah dengan harga Rp. 450 juta. Dalam dua tahun kenaikan harga yang terjadi hingga Rp. 55 juta. Maka nilai jual rumah tersebut saat dua tahun kemudian ialah Rp. 560 juta. Nah kenaikan harga senilai Rp. 110 juta inilah yang disebut sebagai keuntungan investasi properti yang kamu lakukan.

Keuntungan yang kamu dapatkan saat investasi properti hanya dalam sekali tempo yaitu saat penjualan properti tersebut. Namun hasil yang di dapatkan bisa langsung dalam jumlah yang banyak. 

Tapi, jika memilih rumah sebagai investaso dan rumah tersebut tidak digunakan sebagai tempat tinggal. Rumah tersebut bisa tetap mendatangken keuntungan meskipun belum menjalani proses transaksi jual beli rumah. Bisa kamu kontrakan atau sewakan. Ini keuntungannya akan lebih besar jika penyewa terus memperpanjang masa sewanya.

Kegiatan seperti ini lazim terjadi di kota – kota besar. Bahkan ada yang sengaja membeli rumah untuk investasi yang mendatangkan penhasilan secara periodik per bulan. Dengan merubah rumah menjadi khusus untuk kontrakan dengan petak dan kamar – kamar.

Investasi Apartemen
Apartemen atau hunian vertical umumnya dibeli sebagai investasi untuk disewakan kembali demi mendapatkan penghasila secara rutin. Misalnya saat membeli unit apartemen Jakarta Barat dengan harga Rp. 375 juta. Kemudian apartemen tersebut disewakan perbulan dengan harga Rp. 2 juta per bulannya. Maka dalam satu tahun akan didapatkan Rp. 24 juta untuk satu unit apartemen. Sayangnya tarif sewa ini tidak selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Nilai pasaran selalu menjadi patokan dalam menentukan nilai sewa tersebut. Yang jelas tarifnya tidak pernah mengalami penurunan dan cenderung tetap.

Nilai sewa apartemen dan nilai jualnya cenderung memiliki harga yang lebih mahal dan terkenal sangat menguntungkan. Dengan segala fasilitas dan perlengkapan yang sudah disediakan penyewa apartemen akan cukup dimanjakan dengan hal – hal tersebut.

Secara umum, investasi properti yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam satu waktu atau langsung hendaknya memilih investasi properti berupa rumah. Namun jika ingin pemasukan secara rutin yang stabil kita bisa memilih untuk invetasi properti berupa apartemen.

Untuk mendapatkan investasi properti dengan hasil keuntungan yang maksimal daninvestasi yang lancar tanpa permasalaha harus diperhatikan hal – hal berikut ini:
  • Dokumen properti harus jelas. Ketika dokumen kepemilikan properti yang kamu tidak jelas, pasti akan menimbulkan kecurigaan dari pembeli apakah properti tersebut layak untuk dipilihnya ? selain itu hal ini juga akan memicu konflik di kemuan hari.
  • Lokasi strategis, lokasi merupakan hal yang paling penting saat menentukan pilihan properti. Lokasi yang baik dengan akses jalan yang mudah merupakan pilihan yang banyak dicari oleh masyarakat. Mereka akan memilih lokasi properti yang mudah mengakses berbagai tempat dengan mudah.
  • Rutin lakukan perawatan, properti yang memiliki penampilan dan kebersihan yang baik tentu akan lebih diminati. Karena itu tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit tenaga dan dana untuk melakukan perawatan. Toh dana tersebut juga akan tertutupi dengan keuntungan yang kita peroleh.

Pastikan ketiga hal diatas kamu terapkan saat melakukan investasi properti. Bila tidak hasil investasi yang akan kamu terima akan jauh dari perkiraanmu, bukannya untung malah bisa bunting. Tentukan piliha sesuai dengan tujuanmu melakukan investasi. Apakah untuk mendapatkan penghasilan lebih yang rutin ? atau untuk mendapatkan uang banyak dalam suatu waktu di kemudian hari ?

Semoga ulasan diatas bisa memberikan gambaran dan informasi yang cuku jelas. Sehingga kamu bisa menentukan pilihan investasi properti yang akan dilakukan. Jangan terburu – buru untuk memilih dan menentukan unit yang akan kamu beli.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar