Mengenal Teknologi Virtual Reality atau VR

No Comments

Dunia teknologi selalu mengalami perkembangan seiring dengan pemenuhan kebutuhan hidup manusia, mulai dari teknologi pangan, transportasi, kesehatan, dan tak ketinggalan juga teknologi pada dunia hiburan. secara tidak kita sadari teknologi pada dunia hiburan ini juga semakin dan terus berkembang meski beberapa orang mungkin menganggap ini bukanlah sebuah kebutuhan primer seperti pada teknologi lainnya, namun jika dipahami dengan betul maka manusia sejatinya memang membutuhkan hiburan dalam kesehariannya terlebih pada masa sekarang ini. 

Akhir – akhir ini dunia menjadi begitu ramai dengan adanya kemunculan teknologi virtual reality atau vr yang diakui sebagai sebuah awal terobosan baru pada dunia teknologi, meski pada awalnya teknologi yang satu ini hanya digunakan pada dunia hiburan saja misalnya pada permainan ponsel maupun menonton video dengan efek yang nyata namun tidaklah menutup kemungkinan untuk kemudian berkembang menjadi sebuah kebutuhan yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan oleh manusia jauh sebelumnya. Virtual reality atau yang lebih dikenal dengan sebutan vr ini memang menjadi sebuah tren baru yang sangat menarik banyak perhatian sejak tahun lalu.

VR adalah sebuah teknologi yang mampu membuat siapa saja yang menggunakannya bisa merasakan kehidupan dengan lingkungan dalam dunia maya atau dengan kata lain para pengguna bisa merasakan dirinya seperti berada dalam dunia maya seperti yang disimulasikan oleh perangkat komputer. Vr atau juga disebut dengan realitas maya ini diakui dapat memberikan efek yang berbeda pada penggunanya, kesan yang sangat nyata seakan benar – benar dapat dirasakan oleh pengguna vr. Hingga saat ini teknologi virtual reality atau VR memang baru sebatas memberikan sensasi nyata melalui indera penglihatan dan juga pendengaran saja, namun hal ini bukan berarti pada saatnya nanti vr mampu berikan efek yang lebih dalam pada indera manusia yang lainnya karna teknologi tentu saja tidak akan berhenti sampai di sini.


Jika melihat ke belakang, vr sebetulnya telah digunakan pada beberapa bidang industri misalnya seperti kesehatan, pendidikan, penerbangan, militer, arsitek dan tentu saja hiburan. dengan adanya teknologi ini maka para pengguna bisa semakin terbantu dalam melakukan pekerjaannya melalui adanya simulasi yang diberikan dengan kesan yang begitu nyata pada vr. teknologi virtual reality atau VR sendiri pastinya tidak akan berkembang dengan begitu saja hingga seperti sekarang ini, ada serangkaian perjalanan panjang yang mengiringi kemajuan teknologi vr hingga benar – benar dapat dirasakan manfaatnya pada saat ini. jika kita melihat sejarah yang ada, vr pada awalnya hanyalah sebuah prototype dengan nama senosorama yang dimunculkan oleh morton heilig pada tahun 1962. Senosorama ini awalnya bertujuan untuk memberikan sebuah pengalaman baru saat menonton film dengan menghadirkan kesan yang sangat nyata melalui stimulasi pada indera manusia mulai dari pengllihatan, pendengaran, penciuman serta sentuhan.

teknologi virtual reality atau VR pun kemudian berkembang hingga seperti sekarang ini yang mampu benar – benar menghadirkan pengalaman baru bagi para penggunanya, hal ini juga tentu saja didukung oleh adanya perangkat yang mendukung seperti penggunaan headset, sarung tangan dengan controller, helm, hingga walker. Perangkat yang digunakan tersebut ditujukan untuk semakin memberikan kesan yang nyata pada pengguna vr dengan melibatkan indera yang dimiliki manusia, dengan semakin banyaknya indera yang dilibatkan dalam vr maka ini pastinya akan semakin membuat para pengguna merasakan benar – benar apa yang simulasikan oleh perangkat vr yang dipakainya.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar